Minggu, 11 Desember 2011

Mengapa pendidikan harus dimulai sejak dini?

Masa Keemasan Pertumbuhan Anak adalah masa terpenting dalam perkembangan kepribadian anak di usia pertumbuhan berikutnya. Masa itu dinamakanThe Golden Ageyaitu dimulai dari usia 0 – 5 tahun (teori Psikologi Perkembangan).



Pertumbuhan fisik, kesehatan emosi, kapasitas intelektual yang memadai, dan pertumbuhan moral dan sosial yang optimal di usia awal ini akan melahirkan kematangan anak yang berkualitas dalam menghadapi persoalan-persoalan hidupnya di masa yang akan datang.

Setiap anak perlu melalui tahapan perkembangan normal yang dialami setiap anak sejak usia 0-5 tahun. Seperti kelekatan dengan ibu,  pengalaman inisiatif, penghayatan akan control diri dan kata hati (nurani), pemahaman, bagaimana menghadapi kecemasan/rasa takut, hingga tahapan perkembangan agresi normal di usia dini. 

 Anak  yang terpenuhi secara optimal kebutuhan fisik dan jiwanya di usia dini akan berbeda pada saat mereka menginjak remaja atau dewasa jika dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan hal yang sama di masa emas tersebut. Anak yang pertama, mereka akan jauh lebih percaya diri, mandiri dan mampu menyelesaikan persoalan atau konflik. Berbeda dengan anak yang kedua, mereka justru akan terlihat tidak percaya diri, banyak menunjukkan rasa takut, enggan bersosialisasi dengan orang banyak, dan cenderung dekat dengan timbulnya stress. Tidak jarang tampilan perilaku anak seperti ini hadir di keluarga yang orang tuanya sibuk bekerja, sehingga tidak memiliki waktu untuk memperhatikan putra-putrinya.



Untuk itu, diperlukan perhatian yang cukup, memadai dan intensif terhadap perkembangan anak di usia dini baik oleh orang tua dan maupun lingkungan yang memberikan dukungan untuk anak yang juga memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak yang normal.
 

Daycare, memberikan layanan kepada anak usia 0 – 6 tahun (usia disesuaikan dg sistem pendidikan) yang terpaksa ditinggal orang tua karena pekerjaan khususnya para ibu, agar anak-anak tetap mendapatkan haknya untuk tumbuh kembang, mendapatkan perlindungan dan kasih sayang, serta hak untuk berpartisipasi dalam lingkungan sosialnya.

1 komentar:

Unknown on 11 April 2014 pukul 06.43 mengatakan...

Salam bunda semua, mulai Desember 2012 taman penitipan anak gedung sate kini sudah dikelola oleh Forum PAUD Jabar. Untuk Informasi pendaftaran bisa datang langsung ke tempat TPA-GS Jl.Dipenogoro No.22 Bandung (Gedung Sate), Hub Shenny 085721855791. Terima kasih.

Posting Komentar

 

DAYCARE GEDUNG SATE Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting